Kamis, 27 Juni 2013

Virus dan Antivirus

Virus adalah salah satu bentuk serangan yang paling umum dan paling sering terjadi hampir di semua pengguna komputer, baik yang terhubung ke jaringan maupun yang tidak terhubung ke dalam jaringan (offline). Komputer yang terserang virus pada umumnya ditandai dengan menurunnya performa pada saat digunakan atau bahkan hang dan sebagainya. Hal seperti ini seringkali membuat pengguna komputer merasa sangat terganggu ketika komputer yang digunakannya terjangkit virus.

Hampir semua operating system rawan untuk terjangkit virus, kebanyakan virus yang dibuat dan beredar menyerang para user yang menggunakan operating system windows. Hal ini mungkin saja disebabkan karena jumlah user yang menggunakan operating system windows lebih banyak dibandingkan yang menggunakan operating system lain. Virus ini sendiri memiliki karakter dan sifat yang berbeda antara satu virus dengan virus lainnya, seperti halnya ada virus yang hanya menurunkan performa komputer, dan ada juga virus yang menyebabkan data conflict/error. 

Biasanya para virus maker membuat virus dengan berbagai alasan dan tujuan, salah satunya adalah dengan alasan ingin coba-coba membuat virus. Selain itu, beberapa virus maker membuat virus dengan tujuan komersil yaitu dengan mendapatkan keuntungan dari virus yang telah dibuatnya. Dan juga ada yang mempunyai tujuan untuk merusak sistem atau komputer korban. 

Dulunya produksi virus masih terbilang sedikit dibandingkan populasi virus yang ada pada saat ini. Trend pembuatan virus mulai bergeser dari pembuatan virus yang ditujukan untuk komputer ke smartphone yang sekarang banyak digunakan oleh berbagai kalangan. Oleh karena itu, kita sebagai user komputer ataupun smartphone haruslah waspada terhadap ancaman virus ini. Untuk menangani permasalahan virus ini, langkah-langkah yang bisa kita lakukan adalah dengan menginstall program antivirus yang dapat memproteksi sistem komputer kita dari ancaman virus-virus yang beredar saat ini.

Karena populasi virus yang semakin cepat maka pihak antivirus akan selalu melakukan update untuk memperbarui database virusnya sehingga tetap bisa mendeteksi virus-virus baru yang muncul. Oleh karena itu, kita sebaikya menggunakan program antivirus yang mempunyai lisensi resmi dan juga kita harus update antivirus secara berkala untuk menjaga agar komputer kita tetap aman dari ancaman virus. Anggapan bahwa semakin banyak antivirus semakin baik juga harus kita hilangkan karena dengan menginstall banyak antivirus akan membuat komputer bekerja lebih keras, selain itu antivirus akan saling conflict dengan antivirus lainnya ketika mendeteksi virus pada komputer.

Langkah selanjutnya untuk mengantisipasi serangan virus pada komputer kita adalah dengan backup data-data penting secara berkala. Hal ini dilakukan agar ketika komputer kita terserang virus dan performa menjadi sangat lambat, maka kita bisa menginstall ulang komputer dan backup data kita tetap aman. 

Sebagai user, perilaku dalam jaringan harus tetap dijaga agar komputer tetap aman dari serangan virus. Dalam jaringan komputer, virus biasanya banyak beredar melalui download program-program bajakan yang disertai dengan crack atau keygen. Crack atau keygen biasanya disisipi virus di dalamnya. Selain itu, virus juga bisa beredar melalu emai atau yang biasa kita kenal dengan spam. Email yang tidak jelas pengirimnya serta mencatumkan attach file bisa saja merupakan salah satu bentuk serangan virus yang perlu kita waspadai.

Selain tersebar melalu jaringan komputer, kasus yang paling sering terjadi adalah penyebaran virus yang disebabkan oleh pemindahan yang menggunakan media flash drive ataupun media penyimpanan lainnya. Hal ini dapat kita minimalisir dengan cara tidak mengaktifkan autoplay pada sistem komputer kita karena kebanyakan virus bekerja pada saat autoplay flash drive. Selain itu, scan flash drive secara berkala dan juga format flash drive secara berkala.

Referensi :
  • http://home.mcafee.com/virusinfo/threat-activity
  • http://www.kaspersky.com/internet-security-center/threats/viruses-worms
 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar