Minggu, 09 Juni 2013

E-Mail Security

E-Mail (Electronic Mail) atau yang sering disebut surat elektronik adalah sarana untuk saling berkirim surat antara satu orang dengan yang lain dengan menggunakan jaringan internet. Dengan menggunakan fasilitas email ini, kegiatan kirim-mengirim surat menjadi efektif dan efisien. Menurut survey yang dilakukan oleh about.com, beberapa mail providers terbaik pada tahun 2013 ini, antara lain : GMail, Zoho Mail, AIM Mail, iCloud Mail, Outlook.com, Windows Live Hotmail, Yahoo! Mail, Mail.com and GMX Mail, Shortmail, BigString.com, Inbox.com, Lavabit, Facebook Messages, MySpace Mail, My Way Mail. 

Adapun tiga komponen utama dari email adalah Mail User Agent (MUA), Mail Transfer Agent (MTA), dan Simple Mail Transfer Protocol (SMTP). Mail User Agent (MUA) adalah aplikasi komputer yang dapat digunakan untuk membaca dan mengirimkan email.

MUA ini sendiri bisa berupa desktop application seperti Microsoft Outlook dan atau juga dapa berupa web application seperti GMail, Y!Mail, HotMail, dll. Sedangkan MTA (Mail Transfer Agent) adalah salah satu komponen penting yang bertanggung jawab untuk pengiriman email ke alamat email tujuan.
SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) adalah sebuah protocol yang berfungsi untuk mengirimkan pesan-pesan e-mail dari e-mail klien ke e-mail server, mengirimkan e-mail kepada lokal account, dan menyiarkan ulang e-mail antara server-server SMTP.

Tahapan-tahapan pengiriman email melalui protokol SMTP ini adalah ketika kita sudah menulis email dengan menggunakan MUA(Mail USer Agent), maka email kita akan diteruskan oleh Mail Transfer Agent (MTA) untuk membuka koneksi pada port 25 dan kemudian mencari server tujuan dari alamat email yang dituju berdasarkan hasil  pencarian (lookup) database dari sebuah DNS (Domain Name System). Setelah hasil didapatkan maka MTA akan berkomunikasi dengan MTA tujuan dengan menggunakan protokol SMTP (Simple Mail Transfer Protocol). Dari komunikasi tersebut bisa ditentukan email tujuan untuk disimpan didalam storage pada MTA yang kemudian dapat diambil oleh penerima dengan menggunakan protokol POP3 (Post Office Protocol) ataupun IMAP (Internet Message Access Protocol).

Adapun beberapa ancaman yang sering terjadi pada fasilitas ini, antara lain :
  • Spamming
    Spamming adalah tindakan dengan mengirimkan email sampah yang biasanya berisi iklan suatu produk atau bahkan penipuan ke sejumlah email tertentu. Spamming biasanya terjadi ketika kita tidak selektif dalam melakukan registrasi pada website-website tertentu. Adapun tindakan pencegahan yang dapat kita lakukan untuk menangani tindakan spamming ini adalah dengan cara tidak register sembarangan pada website yang tidak kita ketahui originalitasnya. Selain itu, jika ada email-email tertentu yang kita anggap sebagai spam yang mengganggu, sebaiknya kita melaporkan email tersebut sebagi spam. Hal ini juga bertujuan untuk membantu pihak mail server untuk dapat melakukan filter dengan lebih baik lagi terhadap emai-email spam yang sering beredar.
  • Pembobolan Email Account
    Pembobolan email account merupakan salah satu serangan yang sangat sering terjadi. Email account saat ini menjadi syarat yang mutlak bagi setiap orang yang ingin registrasi pada sebuah social media seperti facebook ataupun twitter. Peluang inilah yang dilihat oleh pelaku tindakan pembobolan email account, dengan mendapatkan username dan password email korban maka account social medianya akan dengan mudah dapat diambil alih. Selain itu, tindakan ini juga seringkali mengakibatkan tindakan penipuan yang dilakukan oleh si pelaku namun tampaknya dilakukan oleh si korban. Oleh karena itu, untuk mewaspadai tindakan seperti ini maka hal-hal yang perlu kita lakukan adalah clear history browser tiap kali selesai browsing dan kurangi login di komputer umum. Selain itu, ubahlah password email secara berkala.
  • Virus, Spyware, dll
    Melalui email, kita bisa saja terkena virus. Bagaimana bisa? Hal ini biasanya berawal ketika kita menerima sebuah email yang tidak jelas asal-usul pengirimnya dan terdapat attachment file di dalamnya. Attachment file inilah yang seringkali menjadi jalan masuk virus, spyware, dll ke dalam komputer kita. Solusi untuk mengatasinya adalah scan terlebih dahulu file attachment yang ada. Fasilitas scanning virus sudah banyak disediakan oleh beberapa mail providers seperti GMail, dll. Selain itu, jangan hiraukan email-email yang tidak penting.
  • Bomb Mail
    Bomb mail adalah tindakan
    mengirimkan email dengan jumlah yang banyak kepada korban sehingga inbox menjadi penuh yang dapat mengakibatkan server email menjadi lambat dan down.


Referensi :
  • http://email.about.com/od/freeemailreviews/tp/free_email.01.htm
  • https://webmail.its.ac.id/src/login.php?bag=mua
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Surat_elektronik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar