Kamis, 27 September 2012

Software Process

Melihat dari judul di atas, tentunya kita terlebih dahulu harus mengerti apa yang dimaksudkan dengan software.

Apa software itu???
Software tidak hanya terbatas berbicara tentang "Program" yang ada pada komputer, akan tetapi software ini adalah sekumpulan item yang saling berhubungan untuk menjalankan sebuah sistem. Item-item yang dimaksudkan adalah:
  1. Program
  2. Data
  3. Document
Ketiga hal di atas sangat berkaitan erat ketika kita membangun sebuah software. Sebuah program tidak akan dapat berjalan dengan baik jika data-data yang diperlukan oleh program tersebut tidak tersedia ataupun salah. Demikian juga halnya dengan dokumen, dokumen adalah komponen penting yang berisi tentang cara-cara kerja dari program utama yang kita rancang. Tanpa adanya document ini, user akan sulit untuk menggunakan software yang kita rancang.

Membangun sebuah software yang baik tentunya didasari dengan proses-proses yang dikerjakan dengan baik pula. Selanjutnya akan dibahas tentang proses-proses yang ada ketika kita sedang merancang ataupun membangun sebuah software yang baik.

Berikut adalah sebuah model perancangan sistem yang baik, yaitu Waterfall Model


Dari gambar di atas, dapat kita lihat tahapan-tahapan dari sebuah rangkaian pembuatan software. Sebuah pembuatan software yang baik selalu diawali dengan kegiatan analisis kebutuhan dari sebuah sistem yang akan dirancang. Melalui analisis kebutuhan inilah, kita dapat merancang sebuah sistem yang sesuai dengan kebutuhan sistem yang diinginkan oleh customer. Tahap ini merupakan tahap dasar yang sangat penting ketika membuangan sebuah software.

Tahap selanjutnya adalah tahap design terhadap software yang akan dibangun, Pada tahap inilah, kita akan merancang tampilan atau user interface dari software tersebut, cara kerja software, serta rancangan atau desain database yang baik bagi software tersebut.

Setelah tahap ini terpenuhi, maka akan dilanjutkan pada tahapan implementation. Pada tahapan ini, kita akan menuangkan rancangan-rancangan kita ke dalam bahasa pemrograman tertentu hingga menjadi sebuah software yang utuh dan sesuai dengan rancangan sebelumnya.

Ketika sebuah software telah selesai dibuat, maka tahapan selanjutnya adalah testing program dan juga instalasi program. Pada tahap inilah software yang kita bangun siap untuk dipakai oleh user kita. Maintenance merupakan tahapan untuk perawatan pada software yang telah kita bangun, dan juga merupakan tahapan akhir dari model waterfall ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar